• Free Returns

    Apa itu Free Returns?

    Free Returns  merupakan fasilitas retur pesanan secara gratis bagi para pembeli di Tokopedia. Toko yang mendukung retur gratis bagi produk-produknya akan ditandai dengan badge Free Returns 

    Pembeli dapat melakukan retur produk tanpa dikenakan biaya apapun dan dengan jaminan ongkos kirim kembali. Selain itu, retur produk dapat dilakukan dengan alasan apapun, bahkan jika pembeli berubah pikiran selama masih sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Pastinya Anda akan merasakan pengalaman belanja online yang berbeda dengan berbelanja produk Free Returns, karena Anda bisa bebas menentukan ingin melakukan retur - refund produk atau pengembalian dana sekalipun. Di samping itu, Tokopedia juga akan mengcover biaya retur produk hingga Rp 50.000,- lho!

     

     

    Catatan: Untuk sementara fitur ini hanya dapat diakses melalui desktop atau mobile.

     

    Keuntungan belanja produk berlogo Free Returns

    Beberapa keuntungan dengan membeli produk yang difasilitasi Fitur Free Returns:

    • Pembeli merasa lebih aman saat berbelanja.
    • Pembeli bisa melihat apakah produk sesuai atau tidak.
    • Pembeli lebih puas dengan produk yang dibelinya.

     

    Cara kerja Free Returns

    Langkah-langkah retur produk gratis di Tokopedia:

    1. Pilih produk berlogo Free Returns, lalu klik tombol Beli. Anda memiliki waktu 3 hari untuk mengecek kondisi produk sebelum melakukan konfirmasi penerimaan.
    2. Lakukan pembelian seperti biasanya dan tunggu sampai produk diterima.
    3. Setelah produk diterima, cek kondisi produk terlebih dulu. Jika produk ingin diretur, lihat status pesanan pada Status Pengiriman.
    4. Di halaman konfirmasi terima pesanan, klik Komplain untuk mengajukan Free Returns.
    5. Anda akan diarahkan ke halaman Komplain, pilih masalah Produk tidak sesuai/Pengajuan Free Returns.
    6. Lalu pilih solusi Retur produk dan kembalikan dana atau Tukar produk sesuai pesanan
    7. Masukkan total harga produk (tidak termasuk ongkos kirim).
    8. Cantumkan alasan yang jelas mengenai alasan pengembalian produk serta cantumkan foto bukti pembayaran, lalu klik Komplain.
    9. Kirim produk kembali dalam kondisi layak dijual dengan pengiriman JNE Reguler. Gunakan packaging yang aman untuk menghindari kerusakan saat pengiriman.
    10. Jangan lupa simpan bukti pembayaran dan nomor resi. Berikut contoh resi yang benar dari agen logistik JNE. (Setiap agen logistik punya resi yang berbeda).
    11. Anda bisa melacak status pesanan dengan klik tombol Lacak di halaman Status Pemesanan.

    12. Setelah penjual memverifikasi produk sudah diterima dalam keadaan baik, Anda akan menerima biaya pengiriman yang dikirim ke Saldo Tokopedia dalam jangka waktu maksimal 5 hari.

     

    Syarat dan ketentuan Free Returns

    Berikut syarat dan ketentuan menggunakan Fitur Free Returns:

    • Pembeli hanya bisa melakukan maksimum 1x retur produk untuk 1 invoice.
    • Anda bisa mengembalikan produk selama produk masih dalam kondisi layak dijual sesuai dengan syarat yang berlaku.
    • Setelah produk diterima, pembeli memiliki jangka waktu 3 hari untuk memutuskan apakah produk ingin diretur atau tidak. Jika lewat dari jangka waktu tersebut, pembeli tidak bisa mengajukan permintaan. Selama periode tersebut, pembeli tidak bisa melakukan Konfirmasi Terima Barang.
    • Tokopedia menanggung biaya retur produk hingga Rp 50.000,-. Jika lebih dari nominal tersebut, jumlah yang tersisa akan ditanggung pembeli.
    • Tokopedia hanya menanggung biaya untuk solusi retur - refund atau tukar barang dengan Free Returns.
    • Jumlah maksimum retur produk untuk satu pembeli adalah 5 kali dalam 1 bulan. Jika melewati batas maksimum, biaya pengiriman akan ditanggung sepenuhnya oleh pembeli.
    • Tokopedia hanya menanggung ongkir dengan menggunakan jasa pengiriman JNE Reguler. Tidak berlaku untuk pengiriman dengan jenis layanan dan agen logistik lain. Jika ingin menggunakan layanan tersebut, ongkir ditanggung oleh pembeli.
    • Pembeli bertanggung jawab atas kondisi produk. Produk yang dikembalikan harus dalam kondisi yang sama saat dikirim oleh penjual. Jika produk dalam kondisi tidak layak dijual, produk dan biaya retur tidak dapat dikeluarkan.
    • Berikut syarat-syarat produk yang dapat diretur:

    • Pembeli harus mengembalikan semua kemasan produk dan sertifikat keaslian bersama dengan produk yang mau dikembalikan untuk memenuhi persyaratan retur gratis.
    • Jika tidak mencapai kesepakatan di Pusat Resolusi, Tokopedia akan memutuskan apakah bisa mengajukan retur gratis atau tidak.
    • Jika tidak memenuhi Syarat & Ketentuan yang berlaku, Tokopedia berhak untuk menolak pengajuan retur gratis.
    • Setelah menerima produk retur, penjual akan memeriksa kualitas produk. Lama proses ini tergantung penjual, namun biasanya antara 2 - 3 hari.
    • Tokopedia tidak menanggung ongkos pengiriman untuk produk pengganti. Anda bisa berdiskusi dengan penjual lewat Pusat Resolusi mengenai hal ini.

Apakah artikel ini membantu?

Tidak

Silahkan pilih dari berikut ini

×